PEMETAAN MASALAH SOSIAL

                                                   PEMETAAN PERMASALAHAN SOSIAL
                                                   DI WILAYAH
                                                   KELURAHAN KAYU MANIS








                                                                   Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
                                                                   Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar
                                                                   Dosen Pembimbing: EDI FAKHRI, SS., M.SOS






                                                                      Disusun Oleh:
SUDIRMAN (17115632)
1KA21




FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016

BAB I 
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Jakarta merupakan kota yang luas. Bukan hanya luas wilayahnya saja yang besar, tetapi jumlah penduduknya juga bukan angka yang kecil. Untuk itu permasalahan sosial bukan lagi hal yang awam di kota ini. Padatnya penduduk terdiri dari berbagai macam daerah, agama, suku, dan budaya. Hal tersebut jelas bisa menumbuhkan rasa perbedaan yang dapat menimbulkan pesaingan dan kebencian. Untuk itu disini  kita akan memetakan permasalahan sosial di radius sekitar dengan memberikan solusinya bermulai dari diri sendiri dan pemerintah.
1.2 Tujuan
a. Sebagai langkah awal untuk mengenali daerah terhadap kondisi masyarakat
b. Untuk mengetahui kondisi sosial masyarakat

BAB II 
PEMBAHASAN

2.1 Isi
Masalah sosial adalah suatu kondisi yang terlahir dari sebuah keadaan masyarakat yang tidak ideal, atau definisi masalah sosial yaitu keditak sesuaian unsur-unsur masyarakat yang dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial. Masalah sosial merupakan suatu kondisi yang dapat muncul dari keadaan masyarakat yang kuranga atau tidak ideal, maksudnya selama terdapat kebutuhan dalam masyarakat yang tidak terpenuhi secara merata maka masalah sosial akan tetap selalu ada didalam kehidupan.
KAYUMANIS merupakan daerah yang cukup luas. Populasi disini suah banyak ditempati orang Jawa yang biasanya mempunyai usaha bengkel. 
Permasalah sosial disini juga cukup banyak yaitu:
a. Kemisikinan 
Kemiskinan di wilayah ini memang sudah sangat berkurang. tetapi masih ada beberapa dengan ditandai adanya pengangguran. Masih banyaknya juga pengemis dan gelandangan yang masih berseliweran didaerah KAYUMANIS dan sekitarnya. 
Solusi: Kelurahan KAYUMANIS bekerja sama dengan kepolisian dan dinas sosial untuk mengatasi keamanan warga dan juga mentertibkan pengemis dan gelandangan. Untuk masalah pengangguran. Kelurahan memberikan info pekerjaan dan event event pameran pekerjaan di gedungnya. Kelurahan juga mengeluarkan surat kabar mingguan untuk membagi info lowongan kerja. Untuk kesehatan juga sering diadakan sosialisasi untuk warga yang kurang mampu agar ke posyandu.

b. Kriminalitas
Masih banyaknya pencurian kendaraan bermotor juga menandakan wilayah KAYUMANIS mempunyai tingkat kriminalitas yang cukup mengkhawatirkan, dan kasus kemalingan dan sebagainya. Daerah kumuh juga dianggap sebagai sarangnya kriminalitas. Banyak juga pemuda yang terkena kasus obat obatan terlarang.
Solusi: Mereka dalam hal ini sangat giat memberantas. Salah satunya dengan mengadakan sosialisasi yang di kemas dengan hiburan 

c. Kesenjangan sosial ekonomi
Dalam lingkungan masyarakat pasti terdapat berbagai macam permasalahan sosial. Contoh masalah sosial di masyarakat, seperti kenakalan remaja, masalah kependudukan, masalah pencemaran lingkungan, maupun masalah sosial lainnya. Adanya berbagai masalah sosial di lingkungan masyarakat dapat membawa dampak bagi masyarakat itu sendiri. Dampak yang muncul juga sangat beragam, baik dampak positif maupun negatif. Adapun dampak dari adanya permasalahan sosial di masyarakat, antara lain:

1. Meningkatnya tingkat kriminalitas.

2. Adanya kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin.
3. Adanya perpecahan kelompok.
4. Munculnya perilaku menyimpang.
5. Meningkatkan pengangguran

BAB III 
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Permasalahan sosial di sekitar wilayah duri pulo masih dikategorikan sebagai yang cukup sedikit. Tetapi masih banyak yang harus dipehatikan dan dibenahi oleh pemerintahan maupun masyarakat. Untuk mencapai lingkungan yang sejahtera, aman, dan nyaman. Memang upaya upaya pemerintah setempat sudah cukup baik dalam menangani masalah sekitar. Tetapi peran masyarakat juga sangat penting. Terutama dalam masalah kebersihan.

DAFTAR PUSTAKA

- Google Pic
- Wikipedia
- http://kecamatanmatraman.jakarta.go.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SDLC BESERTA CONTOH UNTUK MASING-MASING TAHAPAN

Pengertian dan Manfaat Perlindungan Terhadap Aspek-Aspek (Confidentiality, Integrity, Availability) Pada Information Security Management System

Pengertian, Kekurangan, dan Kelebihan SIX SIGMA dan TOTAL QUALITY MANAGEMENT