Studi Kasus yang Berhubungan dengan Kualitas Pelayanan dan Sistem Informasi

Produk layanan PT Telekomunikasi Indonesia
Indonesia Digital HOME (IndiHOME)
                 
Di era globalisasi saat ini teknologi telekomunikasi berkembang dengan sangat cepat, masyarakat di seluruh belahan dunia ini tidak pernah puas dengan apa yang namanya informasi  dan  komunikasi,  terutama  di  Indonesia  saat ini.  Teknologi telekomunikasi  pun pada saat ini beragam  seperti  telekomunikasi  suara,  maupun  berupa  data  yang  pada saat ini  lebih dikenal dengan sebutan Internet.
                Pada  awalnya  layanan  komunikasi  yang  ada  di  Indonesia  saat  ini  di distribusikan dengan menggunakan kabel dan dengan penggunaan sinyal digital. Layanan Internet yang ada di   Indonesia   kebanyakan   pada   saat   ini   menggunakan   kabel   tembaga   sebagai   alat pendistribusiannya, sedangkan yang sama-sama kita ketahui bahwa penggunaan kabel tembaga dalam pendistribusian Internet memiliki beberapa kekurangan salah satu kekurangan itu adalah kecepatan data yang dialirkan masih tergolong sangat lambat. Pada saat ini sangat dibutuhkan kecepatan dalam proses telekomunikasi suara maupun pertukaran data (Internet), oleh karena itu  pada  saat  ini  PT  Telekomunikasi  Indonesia  (Telkom)  telah  gencar-gencar  nya  untuk  me imigrasikan penggunaan kabel tembaga menjadi kabel fiber opticdikarenakan kabel fiber opticini  memiliki  kecepatan  pengantar  data  yang  jauh  lebih  cepat  apabila  dibandingkan dengan penggunaan kabel tembaga.
                Program yang sedang di kembangkan oleh PT. Telkom saat ini dikenal dengan nama fiber  to  the  home (  FTTH  ).  Oleh  karena  itu  demi  kepuasan pelanggan  PT.  Telkom menggunakan fiber  opticini  sebagai  alat  untuk pendistribusian  data  ke  pelanggan.  Dengan dilakukannya pemabngunan infrastruktur tersebut diharapkan akan meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi yang lebih maksimal lagi di wilayah Riau, khususnya kota Pekanbaru.Dengan  adanya  program FTTH  (fiber  to  the home) maka PT  Telkom  Indonesia mengeluarkan  sebuah produk  dan  layanan  yang  namanya  INDIHOME.  Indihome  ini  adalah sebuah produk  layanan  terbaru  yang  di  suguhkan  oleh  PT  Telkom  untuk  kepuasan  para pelanggan.
                Adapun selogan dari indihome itu sendiri adalah 3P (triple play) yang terdiri dari :
·         Internet
·         Phone
·         Ip tv


A.      INTERNET
                Internet merupakan salah satu paket yang disediakan pada indihome triple play.
Layanan internet pada paket indihome ini memiliki speed atau kecepatan internet dari 10 Mbps
sampai 20 Mbps. Layanan internet yang diberikan oleh PT Telkom ini sangat memuaskan
pelanggan yang menggunakannya. Coba kita bayangkan apabila di setiap rumah terpasang
paket internet dari indihome ini, pasti dengan adanya internet ini di setiap rumah tersebut tidak ketinggalan dengan yang namanya informasi, selain itu dengan terpasangnya internet ini akan
memberikan kenyamanan bagi anak-anak dalam mencari ilmu pengetahuan yang ada diinternet, dan dapat juga membantu anak-anak kita dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru di sekolahnya.

                Kecepatan internet dari 10 Mbps sampai 20 Mbps ini bisa terwujudkan karena PT Telkom menggunakan kabel fiber optic sebagai alat yang mentransmisikan jaringan internet ke rumah pelanggan tadi. Karena sudah sama-sama kita ketahui bahwakabel fiber optic memiliki kecepatan dalam mentransmisikan jaringan internet bila dibandingkan dengan penggunaan kabel tembaga.


B.      Phone
                Pada awalnya sebelum adanya program FTTH (Fiber to the home) layanan telephonerumah memang sudah ada terlebih dahulu dibandingkan produk INDIHOME.  
Penggunaan telephone rumah ini rata-rata masih menggunakan media transmisi berupa kabel tembaga, yang sama-sama kita ketahui bahwa dengan penggunaan kabel tembaga ini banyak sekali kekurangannya bila dibandingkan dengan penggunaan kabel fiber opticberikut beberapa kelebihan kabel fiber opticdibandingkan dengan kabel tembaga :

·         Kabel jaringan fiber optik dapat beroperasi dengan kecepatan yang sangat tinggi dalam membawa informasi atau data, bahkan lebih tinggi dibanding kabel jaringan Coaxial ataupun kabel Twisted Pair. Kecepatan transfer data-nya bahkan dapat mencapai 1000 mbps.

·         Bandwith kabel jaringan fiber optik tak perlu diragukan lagi karena mampu membawa paket-paket dengan kapasitas besar (bisa tembus 1 gigabit per detik).

·         Kabel jaringan fiber optik dapat mengirim sinyal lebih jauh dibanding kabel jaringan jenis lainnya, bahkan tanpa memerlukan perangkat penguat sinyal seperti repeater atau lainnya. Kalaupun dibutuhkan, penguat sinyal tidak perlu dipasang setiap 5 km seperti kabel-kabel jaringan lainnya, melainkan cukup dipasang setiap 20 km saja.

·         Material yang dipakai untuk membuat kabel jaringan fiber optik memiliki keunggulan untuk bisa bertahan pada banyak gangguan seperti kelembaban udara dan cahaya (panas). Dengan begitu maka dapat disimpulkan bahwa kabel fiber optik relatif awet karena tidak gampang rusak.

                Dengan kelebihan seperti itu kita sangat diberikan kenyamanan dalam menelpon, dan juga pada paket indihome ini kita juga diberikan bonus yaitu gratis nelpon sebanyak 1000 menit nelpon lokal maupun interlokal. Jagi tunggu apalagi langsung saja berlangganan indihome.


C.      IP TV
                Yang terakhir pada layanan INDIHOME ini adalah IP Tv atau interactive TV pada paket indihome ini lebih dikenal dengan sebutan Usee TV. Pada layananUsee TV ini kita dapat nonton sepuasnya live dan playback tayangan program tv kesayangan anda hingga satu minggu kebelakang. Usee Tv ini menyediakan 99 channel pilihan.

Berikut merupakan fitur-fitur handal yang diberikan Usee Tv cable :

·         TV on Demand   nonton ulang siaran Tv hingga 7 hari sebelumnya
·         Video recorder rekam program TV dan film favorit
·         Video on Demand  nonton film pilihan lokal dan internasional
·         Karaoke  karaoke dan merekam lagu favorit
·         Pouse & Rewind  pouse & rewind film dan acara favorit
·         Music  Lagu dari berbagai genre



Kelebihan indihome
adapun kebihan indihome seperti ini:

1.       Sinyal internet stabil
2.       cepat ( jika kuota masih ada / unlimited )
3.       cocok game online
4.       USEETV gambar jernih
5.       Habis kuota bisa top up mudah via my.telkom.co.id

Kekurangan indihome
kelemahan indihome yang perlu diperbaiki segera adalah :

1.       Hilangkan paket pemaksaan ( triple play )
2.       Hak pelanggan untuk downgrade ke speedy
3.       Telepon suara ga jelas, ga pernah pakai tapi disuruh bayar
4.       Paket unlimited mahal dan ada FUP
5.       USEE TV tidak bisa nonton RCTI, GLOBAL TV, MNC TV
6.       Sales indihome tidak transparant.
7.       telemarketing indihome yang buruk
8.       beberapa situs diblokir
Kesimpulan

                Indonesia Digital HOME (disingkat IndiHOME) adalah salah satu produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia berupa paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif (USee TV Cable, IP TV). Karena penawaran inilah Telkom memberi label IndiHOME sebagai tiga layanan dalam satu paket (3-in-1) karena selain internet, pelanggan juga mendapatkan tayangan TV berbayar dan saluran telepon.

                Paket IndiHome juga dilengkapi dengan konten seperti layanan portal musik digital dan Home Automation. Sejak diluncurkannya IndiHOME, pelanggan yang berlangganan paket internet Speedy satu-per-satu diminta untuk beralih menggunakan IndiHOME, karena layanan dagang Speedy akan segera diberhentikan pada tahun 2015.


Berdasarkan hasil pembahasan, maka penulis menarik kesimpulan bahwa strategi produk dan harga produk Indihome yang dilakukan oleh PT Telekomunikasi Indonesia,sudah cukup baik.  Hal ini dapat dilihat dari jenis-jenis produknya serta biaya yang dikeluarkan oleh konsumen yang berlangganan produk Indihome lebih meminimalisir biaya pengeluaran tiap bulannya. Tidak hanya itu, produk dan harga Indihome juga memiliki perbedaan dengan produk yang lain, diantaranya :

1.       Produk
·         Produk Indihome PT Telekomunikasi Indonesia, merupakan gabungan atau hasil bundlingdari beberapa produk yang ada di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk diantaranya : layanantelepon tetap (PSTN), layanan akses internet (speedy), layanan TV prabayar (UseeTV cable), dan speedy monitoring (cctv).

·         Terdapat beberapa pilihan paket produk Indihome sehingga konsumen memiliki beberapa pilihan disesuaikan dengan kebutuhan, paket-paket tersebut dantaranya:
1)      Indihome Gold, Indihome Gold merupakan hasil bundling dari layanan telepon tetap (PSTN)+layanan akses internet (speedy) +layanan TV prabayar (UseeTV), Indihome Gold terdiri dari berbagai jenis yaitu, Indihome Gold 512 Kbps, Indihome Gold 1 Mbps, Indihome Gold 2 Mbps, dan Indihome Gold 3 Mbps.
2)      Indihome Titanium, Indihome Gold merupakan hasil bundling dari layanan telepon tetap (PSTN) +layanan akses internet (speedy) +layanan TV prabayar (UseeTV) + speedy monitoring (cctv), Indihome Titanium 512 Kbps, Indihome Titanium 1 Mbps, Indihome Titanium 2 Mbps, dan Indihome Titanium 3 Mbps

2.       Harga
·         Memiliki harga terjangkau Apabila konsumen berlangganan dengan paket Indihome maka konsumenn mengeluarkan biaya lebih murah dibandingkan berlangganan produk lain, karena produk Indihome menawarkan pembayarandengan selogan “bayar 1 gratis 4”


·         Terbagi pilihan harga sesuai paket Produk Indihome pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk terbagi menjadi 4 paket, dimana setiap paket memiliki kapasitas internet yang berbeda, sehingga konsumen dapat memilih paket Indihome sesuai dengan kebutuhan pemakaiannya.

Saran
PT Telekomunikasi Indonesia, untuk memaksimalkan hasil yang lebih baik, penulis menyarankan agar PT Telekomunikasi Indonesia, melakukan :

·         Perusahaan harus mengembangkan tekhnologi untuk meningkatkan kualitas jaringan telepon sehingga meminimalkan terjadinya gangguan pada telivisi dan kualitas suara pada telepon,dan peningkatan teknologi yang dilakukan agar menghasikan produk yang dapat digunakan pada beberapa televisi, sehingga produk dapat bersaing dengan perusahaan lainnyaagar produk Indihome dapat digunakan dengan beberapa televsi sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lainnya.
·         Lebih memperhatikan service terhadap pelanggan lama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SDLC BESERTA CONTOH UNTUK MASING-MASING TAHAPAN

Pengertian dan Manfaat Perlindungan Terhadap Aspek-Aspek (Confidentiality, Integrity, Availability) Pada Information Security Management System

Pengertian, Kekurangan, dan Kelebihan SIX SIGMA dan TOTAL QUALITY MANAGEMENT