Pengertian, Manfaat, Contoh dari Inovasi sistem informasi & Teknologi Modern

Pengertian, Manfaat, Contoh dari Inovasi sistem informasi & Teknologi Modern



Pembahasan

Sistem inovasi adalah sistem (suatu kesatuan) yang terdiri dari sehimpunan aktor, kelembagaan, jaringan, kemitraan, hubungan interaksi dan proses produktif yang memengaruhi arah perkembangan dan kecepatan inovasi dan difusinya (termasuk teknologi dan praktik baik/terbaik) serta proses pembelajaran.

 Dengan demikian sistem inovasi sebenarnya mencakup basis ilmu pengetahuan dan teknologi (termasuk di dalamnya aktivitas pendidikan, aktivitas penelitian dan pengembangan, dan rekayasa), basis produksi (meliputi aktivitas-aktivitas nilai tambah bagi pemenuhan kebutuhan bisnis dan non bisnis serta masyarakat umum), dan pemanfaatan dan difusinya dalam masyarakat serta proses pembelajaran yang berkembang.

 Sistem inovasi semakin sering dibahas, terutama dalam dua dekade terakhir ini. Banyak bukti empiris menunjukkan bahwa perusahaan, daerah atau negara yang berhasil di bidang sosial ekonomi ternyata didukung oleh sistem inovasi yang berkembang dan kuat.
Memang tidak (setidaknya belum) ada “kesepakatan yang diterima luas” tentang pengertian istilah sistem inovasi. Setiap pakar atau pihak yang menggunakan istilah ini mendefinisikan pengertian masing-masing tentang sistem inovasi. Tetapi jika dicermati, sebagian besar dalam literatur menggunakannya untuk maksud yang sama /serupa dan menunjukkan pengertian cara pandang (pendekatan) sistem (system approach). Pendekatan sistem ini dimaksudkan baik dalam memahami konstruksi dari obyek-obyek yang dimaksud, maupun dalam mengkaji isu dan implikasi kebijakannya (yang biasanya disebut dengan istilah kebijakan inovasi).
Pada tataran nasional, sistem inovasi disebut sistem inovasi nasional. Sementara pada tataran teritori yang lebih sempit (daerah/lokal), sistem inovasi sering disebut sistem inovasi daerah/lokal. Selain itu, dalam konteks-konteks khusus seperti sektor atau industri tertentu, maka pendekatan sistem inovasi sering menggunakan istilah sistem inovasi sektoral/industrial.


Contoh  Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern
Dibawah ini merupakan contoh-contoh dari dampak perkembangan  teknologi modern :

·        Smartphone
Kata "smartphone" didefinisikan dalam Kamus Oxford American sebagai "ponsel yang menggabungkan (Personal Digital Assistant) PDA“
Smartphone merupakan PC mini yang memiliki banyak kemampuan dari sebuah PC biasa, tetapi juga berfungsi sebagai ponsel. Smartphone hadir dengan beberapa fitur menarik seperti kemampuan konektivitas jaringan nirkabel, email, browser, akses internet, pager, faks, kalender, buku alamat dan daftar kontak yang mana sebagian besarnya bisa ditampung di memori telepon.

·        Sosial Media
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.


Manfaat Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern
Dibawah ini terdapat beberapa manfaat dari perkembangan teknologi di berbagai bidang,antara lain sebagai berikut :

·        Manfaat Sistem informasi dan Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis
Dalam dunia bisnis, Sistem informasi dan Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk perdagangan yang dilakukan secara elekronik atau disebut juga dengan E-Commerce. E-Commerce merupakan penyebaran, penjualan, pembelian dan pemasaran barang serta jasa melalui system elektronik seperti internet atau televisi, website maupun jaringan komputer lainnya. Dengan adanya E-Commerce, masyarakat dapat melakukan jual beli tanpa harus pergi ke tempat yang menyediakan barang yang diinginkan.

·        Manfaat Sistem informasi dan Teknologi Informasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan, kita menyebutnya sebagai Internet Banking. Internet Banking adalah Teknologi Informasi yang diterapkan melalui adanya transaksi perbankan lewat internet. Beberapa transaksi yang dimaksud antara lain transfer uang, pemindah bukuan, pembayaran, pengecekan saldo dan sebagainya. Dengan adanya Internet Banking tersebut dapat mempermudah transaksi dan mempercepat proses tanpa harus pergi ke bank.

·        Manfaat Sistem informasi dan Teknologi Informasi dalam pembelajaran
Salah satu manfaat dari Sistem informasi dan Teknologi Informasi ialah mempersingkat waktu serta menghemat biaya. Contohnya yaitu E-Learning. E-Learning adalah sebuat teknologi baru yang membuat peserta ajar tidak perlu duduk diruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. Dengan adanya E-Learning ini dapat membuat kita lebih efisien dalam belajar dan dapat menghemat waktu pembelajaran dengan metode yang baik.
·        Manfaat Sistem informasi dan Teknologi Informasi dalam kesehatan


Sistem berbasis kartu cerdas (Smartcard) mempermudah juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien. Kemudian ada juga penggunaan robot untuk membantu proses operasi pembedahan.Dengan adanya perkembangan teknologi di bidang kesehatan dapat membuat aktifitas dalam mengetahui penyakit dan cara pengobatan lebih berkembang dan lebih efektif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SDLC BESERTA CONTOH UNTUK MASING-MASING TAHAPAN

Pengertian dan Manfaat Perlindungan Terhadap Aspek-Aspek (Confidentiality, Integrity, Availability) Pada Information Security Management System

Pengertian, Kekurangan, dan Kelebihan SIX SIGMA dan TOTAL QUALITY MANAGEMENT