Pengertian seo,sem,smm,smo

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimalization atau bahasa Indonesianya Optimasi/Pengoptimalan Mesin Pencari atau Mesin Telusur. Mesin pencari yang dimaksud yaitu situs-situs website yang biasa digunakan pengguna (pembaca) dalam mencari informasi di internet. Seperti misalkan Google atau Bing (Yahoo).

Artinya, kita berusaha supaya blog, posting atau konten blog kita mudah dan cepat terindeks mesin pencari, terutama oleh Google, hal itu akan membuat kita tampil di peringkat atas – bahkan teratas di halaman hasil pencarian (SERP = Search Engine Result Page).

Ketika muncul di halaman pertama, page one (pejwan) bahkan berada di posisi teratas SERP Google adalah pintu gerbang dengan karpet merah yang terhampar bagi pengunjung untuk datang ke blog kita.

Maka, jika blog anda sepi pengunjung sudah dipastika blog anda tidak atau kurang SEO Friendly (ramah mesin pencari).

Google sendiri mendefinisikan SEO yaitu “Meningkatkan pengunjung sebuah website dari mesin pencari”. Google sendiri sudah membatu para blogger untuk mensetting SEO dasar, pada Dashboard, yaitu di menu Setting > Basic > Deskripsi dan Setting > Other > Search Preference > Meta tags.

Bahkan banyak pula template blog dan meta tags SEO Friendly yang telah di share para mastah blogger. Kita hanya tinggal pakai dan fokus dalam membuat konten yang berkualitas.



Pengertian SEM

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. SEM dapat dikatakan bagian dari SEO, tapi bentuknya berupa iklan yang dipasang atau mengiklankan blog kita pada Google, Bing atau Yahoo!. Ini sering kita temukan iklan di Google Adsense. Itulah situs-situs yang menerapkan teknik SEO berupa SEM. Simpelnya, SEM merupakan kegiatan mempromosikan blog dengan cara mengiklankan blog kita di mesin pencari seperti Google atau Yahoo! Situs Google yang memberikan fasilitas SEM adalah Google AdWords.

Google sendiri mendefinisikan SEM yaitu “penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari dalam membantu setiap pengunjung dalam menemukan website anda. SEM sering juga menggunakan sistem pay-per-click (PPC), dimana seorang pengiklan hanya dikenakan biaya saat seseorang mengklik iklan mereka (juga disebut cost-per-click, atau CPC).”

Nah, jika anda memiliki budget untuk iklankan blog anda di Google mengapa tidak menggunakan teknik SEO ini, karena sangat disukai oleh Google, jelas laah… kan kita bayar ke Google.



Pengertian SMO

SMO merupakan singkatan dari Social Media Optimization atau Pengoptimasian Media Sosial. Media-media sosial seperti Facebook, Google+ atau Twitter adalah sumber trafik sekaligus backlink. Salah satu pilar SEO yaitu Social Media SEO.

Saat ini indeks Google mempertimbangkan Social Signal. Itu artinya, semakin populer blog kita di sosial media maka akan bagus indeks dan peringkat blog kita di SERP. Semakin banyak yang like dan share, maka akan semakin bagus untuk trafik blog.

Bayar tidak SMO? Bisa bayar, bisa juga tidak. Bila anda share sebuah berita di situs berita ke FB, maka anda sudah turut membantu situs berita tersebut dalam hal SMO. Semakin sering anda share berita atau postingan di situs orang lain ke akun media sosial anda, mereka akan semakin senang dan berterimakasih kepada anda. Anda sendiri dapat apa? Hmmmm…. Yaa ngga dapat.

Tips dasar SMO untuk blog adalah membuat akun sosial media sebanyak mungkin dan melengkapinya dengan profil dan menambahkan alamat blog kita di sana. Itu akan menjadi backlink yang berkualitas dan gratis.

Jangan lupa, selain akun medsos personal, anda bisa buat juga Fanspage untuk menshare update posting blog anda ke facebook. Share dapat otomatis dengan menggunakan Feedburner. Sekali posting maka tulisan kita akan tersebar di RSS, Twitter dan Facebook yang dihubungkan.

Pengertian SMM

Sedangkan SMM adalah singkatan dari Sosial Media Marketing, atau Pemasaran Media Sosial.
Sama seperti SEM, SMM yaitu mempromosikan blog dengan cara memasang iklan di media sosial, contohnya pasang iklan di Facebook. Jika anda memiliki anggaran untuk SMM, sangat bagus sekali.

sumber:
http://www.mindreachconsulting.co.id/seo-sem-smm-smo/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SDLC BESERTA CONTOH UNTUK MASING-MASING TAHAPAN

Pengertian dan Manfaat Perlindungan Terhadap Aspek-Aspek (Confidentiality, Integrity, Availability) Pada Information Security Management System

Pengertian, Kekurangan, dan Kelebihan SIX SIGMA dan TOTAL QUALITY MANAGEMENT